Selasa, 11 Januari 2011

Fans Marah atas penjualan musik K-Pop yang dilakukan oleh ‘Hot Topic’


Fans K-pop internasional gempar karena adanya dugaan penjualan berbagai album K-pop ilegal di situs ritel Amerika ‘Hot Topic‘.

‘Hot Topic’ adalah perusahaan pakaian Amerika yang spesialisasinya di bidang fashion ‘punk rock’, ‘hipster’, dan ‘geek chic’ fashion. Meski fokus utama tokonya adalah pada pakaian dan aksesoris, mereka juga berjualan ‘musik berlisensi’ dalam bentuk CD atau track per-lagu yang bisa diunduh.


Baru-baru ini, legitimasi praktek bagian musik mereka sedang bermasalah karena fans K-pop menemukan kalau mereka menjual musik yang kemungkinan besar tidak otentik.

Situs ini menawarkan album dari ‘SHIN LEE‘ [sic], Big Bang, dan 2NE1. Hot Topic mengiklankan kalau mereka menjual album ‘2NE1 Acapella’, album ‘Big Bang 2010 Big Show’, dan album ‘SHIN HEE Lucifer Tribute’.


Tentu saja, tak ada album ‘2NE1 Acapella’, karena emang gag pernah ada, dan cover Big Bang ‘BIG SHOW 2010 BIGBANG LIVE CONCERT’ tidak seperti itu. Informasi mengenai label 2NE1 dan Big Bang juga jadi pertanyaan karena labelnya tertulis ’2NE1′ dan ‘Robert Blackwell’, bukannya ‘YG Entertainment‘.

Hot Topic juga memiliki album kompilasi yang tersedia, terdiri dari ‘Baek Ji Young‘ (di gambarnya malah Lee Hyori), ‘SHIN HEE’ (gambar TVXQ), dan ‘Rainbow‘ (gambar ‘SNSD‘).


Lagi-lagi nama labelnya salah, dan selain itu covernya menggunakan hasil kerjaan fan-made (yang bisa didapatkan dari google dengan sangat mudah).

Karena kesalahan fatal ini, fans K-pop internasional prihatin terhadap legitimasi barang-barang ini. Apa mereka membayar hak dan kalau iya, berapa banyak persentase keuntungan yang didapat artis dan agensinya dari penjualan ini?


Source: allkpop
Indo trans: Alois ★ あずゆ@hallyucafe
Taken from : asianfanclub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar